RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
X/1
Alokasi Waktu :
4 x Pertemuan ( 8 jam pelajaran)
I.
Kompetensi
Inti :
Menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur,disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai ), santun,
responsif dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak
secara efektif dan kreatif dan mampu menggunakan kaidah keilmuan.
II.
Kompetensi
Dasar :
Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bangsa Indonesia dan menggunakan sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan
tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
negosiasi.
Menunjukkan perilaku
jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
Menganalisis teks
anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi
baik melalui lisan maupun tulisan.
Memproduksi teks
anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi
yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara
lisan maupun tulisan.
III.
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
Mengidentifikasi contoh
teks prosedur kompleks baik yang tepat
maupun tidak tepat terkait dengan topik, tujuan, urutan
langkah-langkah, isi, dan penggunaaan kaidah bahasa yang tepat secara lisan maupun tulisan.
Memperbaiki
hal-hal yang kurang tepat yang sudah ditemukan berkaitan dengan topik, tujuan, urutan langkah-langkah, isi, dan
penggunaaan kaidah bahasa yang tepat secara lisan maupun tulisan pada contoh teks prosedur
kompleks.
Membuat teks prosedur
kompleks secara lisan atau tulis dengan tahapan yang benar yaitu pernyataan
tujuan, langkah-langkah prosedur, isi dan penggunaan kaidah bahasa yang tepat.
IV.
Tujuan
Pembelajaran :
Setelah membaca contoh
teks prosedur kompleks, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh teks
prosedur kompleks berkaitan dengan
topik, tujuan, urutan langkah-langkah, isi, dan
penggunaaan kaidah bahasa yang tepat.
Peserta didik
dapat memperbaiki contoh teks prosedur kompleks.
Peserta didik
dapat membuat teks prosedur kompleks ke dalam tujuan, urutan
langkah-langkah, isi, dan penggunaaan kaidah bahasa yang tepat.
V.
Materi
Contoh teks
prosedur kompleks
Bagian-bagian teks prosedur kompleks
Teknik penulisan
teks prosedur kompleks
VI.
Pendekatan
Model
Pendekatan : Saintifik
Metode : Curah pendapat, diskusi, dan
penugasan
VII.
Alat
dan Bahan
Alat :
Teks prosedur kompleks
dari buku, internet atau media lain di sekitar kita.
VIII.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Pendahuluan (10 menit)
1. Pendidik mengucapkan salam dan menunjuk salah seorang
peserta didik untuk memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar.
2. Pendidik melaksanakan presensi/kehadiran peserta
didik.
3. Tukar pendapat tentang
pengertian teks prosedur kompleks dalam kehidupan sehari-hari setelah
mengamati contoh teks prosedur kompleks.
4. Mengekspresikan rasa syukur atas keberadaan bahasa
Indonesia setelah mengamati contoh teks prosedur kompleks.
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
6. Menyepakati kegiatan yang akan dilakukan
7. Membentuk kelompok diskusi
Inti (70 menit)
1. Mengamati contoh teks prosedur kompleks di buku ajar
secara berkelompok.
2. Menanya butir-butir penting terkait dengan tujuan,
urutan langkah-langkah, isi, dan penggunaaan kaidah bahasa teks prosedur kompleks
3. Mendiskusikan butir-butir penting terkait dengan tujuan,
urutan langkah-langkah, isi, dan penggunaaan kaidah bahasa teks prosedur kompleks
4. Menyampaikan dan menjelaskan hasil diskusi kelompok
dalam diskusi kelas (mengomunikasikan)
5. Memberi tanggapan baik berupa pertanyaan, sanggahan,
atau dukungan secara santun
Penutup (10 menit)
1. Membuat rangkuman
2. Melakukan refleksi, misalnya mengulang bagian-bagian
yang perlu dijelaskan lebih lanjut
3. Mencatat informasi tentang tugas untuk pertemuan
kedua, yaitu mencari contoh lain teks prosedur kompleks.
4. Mencatat bahwa pada pertemuan kedua akan didiskusikan
hasil temuan berkaitan dengan topik, tujuan,
urutan langkah-langkah, isi, dan penggunaan kaidah bahasa yang tepat dari contoh teks prosedur kompleks yang ditemukan
tiap kelompok
5. Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk
mengakhiri pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Pertemuan Kedua
Pendahuluan (10 menit)
1. Pendidik mengucapkan salam dan menunjuk seorang
peserta didik untuk memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar.
2. Pendidik melaksanakan presentasi peserta didik
3. Tukar pendapat tentang kesulitan-kesulitan yang
dialami peserta didik ketika mencari contoh teks prosedur kompleks berkaitan
dengan bagian-bagian teks prosedur kompleks (topik, tujuan,
urutan langkah-langkah, isi, dan penggunaan kaidah bahasa yang tepat)
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
5. Menyepakati kegiatan yang akan dilakukan.
Inti (70 menit)
1. Menukar hasil kerja antar kelompok yang berkaitan
dengan bagian-bagian teks prosedur kompleks (topik, tujuan,
urutan langkah-langkah, isi, dan penggunaan kaidah bahasa yang tepat)
2. Tiap kelompok memeriksa dan menilai hasil kerja kelompok lain terkait dengan
bagian-bagian teks prosedur kompleks (topik, tujuan,
urutan langkah-langkah, isi, dan penggunaan kaidah bahasa yang tepat)
3. Perwakilan dari tiap kelompok untuk mempresentasikan
hasil penilaian.
4. Memberi tanggapan baik berupa pertanyaan, sanggahan,
atau dukungan secara santun (mengasosiasi)
Penutup (10 menit)
1. Membuat rangkuman
2. Melakukan refleksi, misalnya mengulang bagian-bagian yang
perlu dijelaskan lebih lanjut
3. Mencatat informasi tentang tugas untuk pertemuan
kedua, yaitu mencari teks prosedur kompleks.
4. Mencatat bahwa pada pertemuan ketiga peserta didik
diajak untuk menulis teks prosedur kompleks.
5. Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk
mengakhiri pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Pertemuan Ketiga
Pendahuluan (10 menit)
1. Pendidik mengucapkan salam dan menunjuk salah seorang
peserta didik untuk memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar.
2. Pendidik melaksanakan presensi peserta didik
3. Tukar pendapat tentang tata cara penulisan teks
prosedur kompleks.
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
5. Menyepakati kegiatan yang akan dilakukan.
Inti (70 menit)
1. Tiap kelompok memilih satu topik tentang layanan
publik.
2. Tiap kelompok mengamati dan mengumpulkan bahan sesuai
dengan topik yang telah dipilih.
3. Tiap kelompok menyusun langkah-langkah penulisan teks
prosedur kompleks.
Penutup (10 menit)
1. Membuat rangkuman
2. Melakukan refleksi, misalnya menanyakan kesulitan yang
dialami peserta didik dalam proses pembelajaran.
3. meminta para peserta didik untuk melanjutkan hasil
penulisannya secara kelompok di luar jam pelajaran.
4. Memberitahukan bahwa pada pertemuan berikutnya tiap
kelompok harus menyajikan karya teks prosedur kompleks yang telah ditulis.
5. Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk
mengakhiri pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Pertemuan Keempat
Pendahuluan (10 menit)
1. Salah seorang peserta didik memimpin berdoa dengan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2. Tukar pendapat tentang kesulitan-kesulitan yang
dialami ketika mencari teks prosedur kompleks dan bagian-bagian atau tata cara
penulisan teks prosedur kompleks.
3. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
4. Menyepakati kegiatan yang akan dilakukan.
Inti (70 menit)
1. Tiap-tiap kelompok menyajikan karya teks prosedur
kompleks yang telah ditulis.
2. Tiap-tiap kelompok menanggapi penyajian teks prosedur
kompleks kelompok lain.
3. Tiap-tiap kelompok menilai pekerjaan kelompok lain.
4. Penguatan dari Pendidik.
Penutup (10 menit)
1. Pendidik membuat rangkuman bersama dengan peserta
didik.
2. Melakukan refleksi, misalnya menanyakan kesulitan yang
dialami peserta didik dalam proses pembelajaran.
3. Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk
mengakhiri pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
IX.
Sumber
Belajar :
Buku Teks Bahasa
Indonesia SMK. Ekspresi Diri dan Akademik. 2013. Jakarta:Kemendikbud.
EYD (Ejaan Yang
Disempurnakan)
Kamus Besar Bahasa Indonesia
X.
Penilaian
Teknik
dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Observasi
|
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
|
Tes tulis
|
Tes uraian, menemukan teks prosedur kompleks dan bagian-bagian teks
prosedur kompleks.
|
Tes praktik
|
Menulis teks prosedur kompleks, rubrik penilaian
|
Contoh
Instrumen
Lembar
Pengamatan Sikap
No
|
Aspek
|
Skor
|
Catatan
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
1.
|
Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia
|
Skor 3 jika memenuhi 3 kriteria
Skor 2 jika hanya memenuhi 2 kriteria
Skor 1 jika hanya memenuhi 1 kriteria
|
|||
2.
|
Kesantunan dalam menggunakan bahasa Indonesia
|
Rubrik
Penilaian Sikap
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
1.
|
Rasa syukur kepada Tuhan atas keberadaan bahasa Indonesia
|
Menunjukkan ekspresi atau ungkapan senang, kagum.
Menunjukkan sikap yakin dan bangga terhadap keberadaan bahasa
Indonesia.
Selalu menggunakan bahasa Indonesia secara tertib.
|
2.
|
Kesantunan dalam menggunakan bahasa Indonesia
|
Kalimat yang digunakan komunikatif
Diksi yang digunakan dalam diskusi menggunakan kata-kata halus seperti
tolong, saya harap, menurut pendapat saya, dsb.
Sebelum memberi tanggapan/menyela terlebih dahulu meminta kesempatan
kepada ketua kelompok/moderator
|
Tes
Uraian
Bacalah
contoh teks prosedur kompleks berikut!
1. Identifikasikanlah contoh teks prosedur kompleks
sesuai dengan tujuan, urutan langkah-langkah, isi, dan kaidah bahasa Indonesia
yang tepat!
2. Carilah contoh teks prosedur kompleks dengan topik
yang lain yang berasal dari media yang lain!
Tes
Praktik
1. Tentukanlah topik teks prosedur kompleks tentang
layanan publik!
2. Buatlah teks prosedur kompleks sesuai dengan teknik
penulisan teks prosedur kompleks!
Rubrik
Penilaian Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan topik dengan judul
|
Apakah judul sesuai dengan topik yang telah ditentukan?
|
||
2.
|
Tujuan Teks Prosedur Kompleks
|
Apakah tujuan teks prosedur kompleks sesuai dengan judul dan topik
yang telah ditentukan?
|
||
3.
|
Urutan langkah-langkah penyusunan teks prosedur kompleks
|
Apakah urutan langkah-langkah teks prosedur kompleks sesuai dengan teknik
penyusunan teks prosedur kompleks?
|
||
4.
|
Kelengkapan isi
|
Apakah teks memuat seluruh bagian-bagian teks prosedur kompleks
(tujuan, urutan langkah-langkah, isi, kaidah bahasa Indonesia)?
|
||
5.
|
Ketepatan penulisan kaidah bahasa Indonesia
|
Apakah tidak ada kesalahan dalam penulisan kaidah bahasa Indonesia?
|
0 Response to "Contoh RPP kurikulum 2013 Mata pelajaran Bahasa Indonesia"
Posting Komentar